L&K jam tangan branded Buatan Indonesia Asli

jam tangan branded biasanya selalu identik dengan merk Swiss. Maklum, negara eropa itu adalah produsen jam tangan nomor satu di dunia. Indonesia memang biasanya tidak memproduksi jam tangan, tetapi ini tidak menghalangi 2 orang pemuda Indonesia bernama Lucius Leon Worang dan Hocky Santha, untuk memproduksi  jam tangan branded. semoga jam tangan Indonesia in bisa menjadi salah satu brand jam tangan dunia.


jam tangan buatan indonesia ini yang bermerk Lucius dan Hocky sepakat mengibarkan bendera usaha untuk mengusung jam tangan Branded dengan merek Lucius & Ki (L&K) sejak 2009. Salah satu keunikan jam tangan L&K adalah adanya komponen kayu pada produknya.


jam tangan termahal
jam tangan termahal

Lucius, kelahiran Jakarta 1986, adalah lulusan MBA Cardiff University, Inggris, 2010. Adapun Hocky, kelahiran 1980, lulusan Jurusan Sistem Informasi di salah satu universitas swasta di Jakarta tahun 2002. Keduanya memiliki passion pada "jam tangan". Lucius sudah mengoleksi jam tangan sejak duduk di bangku SMA, sedangkan Hocky merasa jatuh cinta pada jam ketika mendapat hadiah jam kayu tua dari neneknya kala usianya lima tahun. Sejak itu, Hocky terobsesi pada bagian-bagian kecil jam.


Mengapa memilih bisnis jam tangan? Karena, passion itu tadi. Mereka mendirikan perusahaan – dengan modal awal Rp 200 juta — bukan sebagai cara untuk mengumpulkan duit, tetapi lebih karena dorongan untuk menunjukkan kemampuan menghasilkan jam tangan yang artistik. ada juga 22 Jam Tangan Unik Wanita Terbaru yang dapat anda tau. Karena itu, meski Indonesia bukan dikenal sebagai negara produsen jam tangan jempolan, jam L&K mampu menembus pembeli di mancanegara, antara lain Italia, Inggris dan Rusia. Pasar Korea dan Timur Tengah juga dijajaki, selain pasar domestik Indonesia. 


Padahal, L&K tidak pernah beriklan. Pemasarannya lebih mengandalkan kekuatan dari mulut ke mulut dan eskposur media: majalah internasional dan saluran televisi. Momen paling penting terjadi pada 2010 dan 2011, ketika L&K meluncurkan lini produk emas dan perak, yang diliput oleh Jakarta Globe. Kemudian, pada awal 2013, diliput New York Times. Sebelumnya, Majalah Business Week juga meliput, Bloomberg TV pun menayangakan. “Kami beruntung bertemu dengan customer dan teman-teman yang bisa mengapresiasi produk kami dan membantu menyebarkanya,” tutur Hocky.

Salah satu faktor yang membuat jam tangan L&K disukai karena ada unsur kayunya. Itu merupakan keunikan tersendiri yang tidak terdapat pada jam tangan produsen lain, apalagi jika dibandingkan jam produk massal. Jam L&K dibuat dengan tangan (hand made). Casing-nya terbuat dari stainless steel kelas satu sedangkan mesin dan kulit diimpor dari Austria, Swiss dan Jepang. “Pengadopsian kayu dalam produk kami menawarkan karakter personal untuk semua customer. Jam tangan harus mencerminkan personalitas,” ungkap Lucius. 


Kayu yang digunakan adalah kayu merbau dan rengas yang berasal dari Sumatera dan sudah bersertifikat “hijau”. Setiap produk jam selalu unik karena tidak pernah ada dua kayu yang corak warna dan karakternya. “Seperti konsep manusia, tidak ada dua individu yang sama,” ia menegaskan. Harganya, berkisar antara US$ 2.500 – US$ 3.000 untuk produk standar. Jika ingin lebih customized, harganya bisa lebih mahal –bergantung pada spesifikasi yang dikehendaki pembeli. mahal kan? hemm.. inilah L&K jam tangan branded Buatan Indonesia Asli 


Keunikan yang paling menonjol terletak pada dial kayu asli, dengan desain budaya Indonesia, berupa wayang, pendopo, dll. “Movement dari Swiss yang berkualitas tinggi dan di-handgrave lalu dilapisi emas. Buatan tangan, terbatas, unik, satu dan lain berbeda corak dial-nya,” Hocky menambahkan.

Wajar jika harga jam tangan L&K “lumayan”. Soalnya, untuk memproduksi satu jam tangan saja memakan waktu yang sangat lama, karena dibuat dengan tangan. “Dalam satu bulan maksimal hanya 3-5 jam yang dihasilkan,” Hocky menerangkan. 


Jumlah karyawan L&K hanya empat orang. Satu pembuat jam, dua perajin, dan satu pengembang bisnis. “Karena perusahaan ini berdasarkan hobi, kami senang menjalankannya secara fleksibel dan kecil,” kata Lucius. Kinerja usahanya lumayan bagus. Dari tahun ke tahun omsetnya meningkat seiring dengan perbaikan produk, sehingga harganya juga makin meningkat. “Bisa 100% peningkatannya per tahun. Tetapi, kita bukan bicara jumlah yang besar, ya,” ujar Lucius. Berbeda dengan merk besar yang ada dalam urutan kualitas jam tangan


Inilah jam tangan buatan indonesia bernama L&K yang akan terus berkreasi, memperbaiki kinerja dan menambah kapasitas jam tangan branded ini. Juga, meningkatkan kehadiran di dunia
online lewat website-nya, www.luciusandki.com. Kolektor jam tangan branded dari mancanegara melakukan pemesanan secara online. Ke depan, mereka juga sudah mulai memikirkan sebuah butik untuk memajang produk L&K.(*)
sumber : http://swa.co.id/headline/lk-jam-tangan-mewah-made-in-indonesia